Wednesday, December 14, 2011

Gerhana Bulan 2011

Jakarta ( gosip artis hari ini gosip ) Gerhana Bulan 2011, Gerhana Bulan atau tepatnya Gerhana Bulan Total akan terjadi pada tanggal 10 Desember 2011. Gerhana Bulan Total (GBT) ini dapat diamati dari wilayah Australia, Asia, Eropa, sebagian besar Afrika dan Amerika Utara. Sementara pengamat di Amerika Selatan tidak dapat menyaksikannya. Gerhana Bulan Total ini dapat diamati dari Indonesia pada awal malam tanggal 10 Desember 2011.

Gerhana Bulan 2011 terjadi saat bulan melintas di belakang bumi, sehingga bulan akan masuk ke dalam bayang-bayang bumi. Inilah perkiraan waktu gerhana dari astronomical almanac :

* Pada pukul 18.33 bulan memasuki penumbra bumi akan tampak dari bumi cahaya bulan melemah. Jika langit cerah, samar-samar dapat terlihat bayangan gelap di permukaan bulan. Pukul 19.45 bulan memasuki umbra bumi, bulan tampak terpotong, pukul 21.06 bulan seluruhnya masuk ke dalam umbra bumi, tampak bulan berwarna kemerahan, pukul 21.33 bulan berada di tengah perjalanan melintasi umbra bumi, ini puncak gerhana, tampak bulan berwarna kemerahan, pukul 21.57 bulan mulai keluar dari umbra bumi, bulan tampak terpotong, pukul 23.18 bulan seluruhnya keluar dari umbra bumi, bulan tampak bulat utuh lagi, dan pukul 00.29 bulan keluar dari penumbra bumi tampak cahaya bulan terang seperti purnama pada biasanya.

Peristiwa gerhana bulan total ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Tanpa menggunakan alat (teleskop) sekalipun, peristiwa gerhana ini tetap dapat dinikmati. Cukup dengan mencari tempat yang agak lapang agar pandangan ke arah timur tidak terhalang.

Munculnya fenomena alam ini harus dijadikan momentum umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. "Selain itu, saatnya kita melaksanakan shalat gerhana bulan (kusuf) dan memanjatkan istighfar dan berdo`a kepada Allah SWT".

Bagi Anda yang ingin menyaksikannya secara langsung Gerhana Bulan 2011 namun enggan keluar rumah, anda bisa menikmati live streaming gerhana bulan total 10 desember 2011 di website Kominfo > http://hilal.kominfo.go.id/?q=node/165 atau bisa dilihat di Observatorium Bosscha - Lembang, Bandung > http://bosscha.itb.ac.id/

0 comments:

About Me

Cewek Panggilan
View my complete profile